Welcome

Welcome To

by http://kazeyo-kun.blogspot.com

Cara Memperbaiki Windows 8 / 8.1 Tanpa Install Ulang




Disaat kamu mengalami masalah pada Windows 8 / 8.1 yang memaksa kamu untuk melakukan install ulang tetapi kamu tidak ingin melakukannya, ada cara alternatif yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki Windows tanpa install ulang yaitu dengan melakukan Refresh Windows 8 / 8.1. Berbeda dengan install ulang, melakukan refresh akan mempertahankan Settings, Modern Apps, dan data di My Documents seperti foto, video, dan file dokumen. Namun tentu saja untuk software desktop nantinya kamu harus menginstallnya lagi, tetapi setidaknya itu lebih baik daripada menginstall total semua hal dan data-data jadi hilang setelah melakukan install ulang.
Untuk melakukan Refresh Windows 8/8.1 ini kamu memerlukan Recovery media yang berupa ISO Windows yang sudah di burn ke DVD , atau menggunakan Bootable USB atau dengan Custom Recovery Image (Baca : Cara Membuat Custom Recovery Image untuk Refresh Windows 8 & 8.1).
Setelah memasukan DVD ataupun USB buka PC Settings, kemudian pilih tab Generalkemudian pada panel kanan cari Refresh PC without affecting your files untuk Windows 8, dan untuk Windows 8.1 pilih tab Update and Recovery > Recovery, lalu pilih Get Started pada menu Refresh PC without affecting your files.



Lalu tunggu beberapa saat untuk proses veritifikasi, nantinya akan muncul tampilan seperti ini, pilih Next untuk melanjutkan proses.



Terakhir untuk memulai proses Refresh pada PC, pilih Refresh untuk memulai proses Refresh Windows.



Setelah itu Windows akan melakukan restart, tunggu beberapa saat ketika proses Refresh system Windows berlangsung, lamanya tergantung dari keadaan system yang sekarang. Jika Windows kamu dalam masalah yang cukup parah, mungkin akan membutuhkan waktu yang agak lama untuk merefresh ulang komponen sistem. Berikut ini adalah beberapa gambar pada saat Refreshing system.





Setelah proses refresh selesai, maka kamu akan kembali masuk ke desktop Windows dan ini juga menandakan bahwa kamu berhasil menjalankan refresh Windows.
Selain menggunakan metode Refresh kamu dapat menggunakan metode Reset Windows, tetapi hal ini akan membuat seluruh data dan aplikasi kamu hilang. Efeknya persis seperti melakukan install ulang Windows.

0 komentar: