Welcome

Welcome To

by http://kazeyo-kun.blogspot.com

Kata Arti "HIDUP MAHASISWA"

demonstrasi3Hidup Mahasiswa. Dari mana ya asal usulnya kata itu. Aku coba berselancar di google, tapi aku gak nemuin sejarahnya, bahkan definitif sebenarnya dari makna kata Hidup Mahasiswa juga aku gak dapat. Apa jangan-jangan itu hanya sebuah kata yang dibuat iseng yang jadi viral oleh mahasiswa seperti tren sekarang ya? Ahh sepertinya tidak, aku sudah mendengar sayup sayup kata itu bahkan saat menonton film “Gie” yang latarnya tahun 1960an. Jadi kayanya gak mungkin kata itu cuma ulah iseng yang menjadi viral kaya yang belakangan terjadi deh. Hmmm… coba aku beropini yaa untuk membedah artinya berdasarkan isi otak dan hati yang aku punya.

Hidup Mahasiswa terdiri dari dua kata yaitu kata Hidup dan Mahasiswa. Coba aku mau bedah dari perkata. Kata pertama adalah hidup, kalau dalam KBBI artinya adalah  masih terus ada, bergerak, dan bekerja semestinya. Lalu kalau kata hidup dijadikan dalam satu susunan kata, kata hidup ini akan menjelaskan kata berikutnya yang digabungkan dalam satu frase. Berarti ketika dihubungkan dalam frase, frase ini mendeskripsikan suatu gerakan, bekerja semestinya dan membuat sesuatu menjadi hidup. Terus sesuatu yang dimaksud itu apa ya? Kalau kita liat dari yang kita bahas kata pelengkap berikutnya berarti kan adalah “Mahasiswa”. Jadi kalau secara ilmu ke sok-tahuan aku secara makna kata berarti”Hidup Mahasiswa” artinya atau makna nya adalah suatu gerakan untuk menjadikan Mahasiswa menjadi lebih hidup. Sederhananya sih seperti pekikan agar mahasiswa itu harus selalu semangar dan selalu ada dalam kondisi apapun. Makanya kita mungkin sering dengar kata ini muncul saat mahasiswa sedang lesu dalam pergerakan sampai saat mahasiswa sedang bersemangat-semangatnya menguasai jalan untuk mengeluarkan ekspresi dan aspirasinya.


970032_635758383118604_884357274_n

Nah tadi itu kalau aku mengartikannya secara sederhana sebatas arti dalam kata-kata di kamus. Tapi coba aku mau bedah lagi artinya yang ada di perasaan aku juga tentang kata “Hidup Mahasiswa” itu. Omong-omong semua yang aku tulis ini cuma opini aku loh yaa jadi kalian boleh aja gak setuju, apalagi kalau setuju aku juga bolehin banget. Jadi, kalau menurut aku kata hidup mahasiswa itu punya banyak arti yang mendalam yang mungkin banyak yang belum sadar. Pertama adalah, Hidup Mahasiswa merupakan sebuah identitas untuk mahasiswa. Sekarang coba kalian dengar, selain Mahasiswa apa ada unsur dari masyarakat yang menggaungkan kata-kata penyemangat selain kita para mahasiswa. Aku rasa sih tidak ada, kalau pun ada mungkin mereka fotocopy kita deh. Kedua adalah, Hidup Mahasiswa juga selalu dijadikan pengobar semangat. Ketika dalam memulai sebuah perkumpulan kecil-kecilan yang membentuk lingkaran (sebut saja rapat) sampai ketika mahasiswa berbaris tidak rapih di tengah jalan (biasa disebut aksi), aku rasa hanya kata “Hidup Mahasiswa” yang bisa mengobarkan semangat kita para mahasiswa, tidak ada yang lain. Sungguh.

Terus yang terakhir dan ini sangat penting! Kata Hidup Mahasiswa juga adalah sebuah simbol persatuan. Kalian akan tahu nanti ketika mahasiswa pasti kita akan memilih dunia yang berbeda-beda, mulai yang mau jadi anak kuliah sejati yang hanya berkutat di kelas, perpustakaan dan sedikit warung makan, sampai juga mahasiswa aktivis yang jarang pulang, selalu menggunakan baju usang dan mengalami kesepian yang berkepanjangan. Kata Hidup Mahsiswa ketika diucapkan pasti seluruh unsur akan menjawab secara bersamaan. Aku yakin itu. Apalagi juga yang telah berkutat dengan dunia politik kampus dan organisasi ekstra baik itu GMNI, HMI, KAMMI dan lain sebagainya. Pastilah mereka akan juga menggunakan kata Hidup Mahasiswa sebagai identitas mereka organisasi yang terdiri dari unsur-unsur mahasiswa. Jadi gak bisa dipungkiri meskipun di GMNI kita punya Merdeka, Jaya, Menang, HMI punya Yakusa dan KAMMI juga mungkin punya teriakan takbir. Sepertinya kata Hidup Mahasiswa tidak akan pernah terganti menjadi simbol pemesatu keberagaman Mahasiswa baik dunia kehidupan, ideologi maupun cara pandang.

0 komentar: